Pada tahun 2019 ini, kembali PHLB ULM ikut berpartisipasi pada Acara RITECH EXPO yang diselenggarakan rutin tiap tahun, dimana pada tahun ini acara berlangsung di Lapangan Puputan Renon Denpasar Bali dari tanggal 25 s/d 28 Agustus 2019.  Sejak tahun 2013, PHLB aktif mengikuti pameran dalam rangka RITECH EXPO (PHLB selama 6 tahun berturut-turut senantiasa ikut berperan aktif dengan membuka stand di acara tersebut).  Pada penyelenggaraan RITECH EXPo ke 24 di Bali ini, meskipun PHLB ULM tidak secara aktif membuka stand pameran, namun PHLB ULM ikut berpartisiapasi dalam rangka “Sharing Iptek dan Peningkatan Networking dengan Peserta Pameran RITECH EXPO 2019 lainnya”.  Ketidakikutsertaan dalam stand pameran kali ini, dikarenakan PHLB ULM berencana mengembangkan keikutsertaan pameran atau expo dilingkup yang lebih luas, minimal di tingkat Asia Tenggara.

Pada kesempatan ini PHLB ULM menekankan kegiatan tentang Sharing Iptek dan Networking dengan peserta pameran, khususnya beberapa lembaga yang berkaitan dengan PHLB ULM, seperti PUI PT yang baru muncul/dibentuk: antara lain PUI OKTAL UNMUL, serta BPOM.  PUI OKTAL UNMUL dinilai dekat dengan PHLB ULM, karena sama sama bergerak di bidang hutan dan hasil hutan. Sementara itu kunjungan ke stand BPOM dalam rangka konsultasi mengenai cara pengurusan ijin label BPOM bagi produk-produk hasil riset dari PHLB ULM yang siap dihilirisasi ke industri, terutama yang berkaitan dengan Obat & Kosmetik.

Selama di Bali, tim PHLB ULM juga mengunjungi ke beberapa lokasi wisata di Bali dalam rangka mempelajari bagaimana pengembangan pariwisata di Bali, dan bagaimana produk-produk souvenir menjadi daya topang pariwisata yang begitu sangat maju di Bali.  Hal ini nantinya akan menjadi acuan bagaimana PHLB ULM dapat berkontribusi mengembangkan produk-produk unggulan yang dapat mendukung pengembangan pariwisata khususnya pariwisata di Kalimantan Selatan. Beberapa tujuan atau destinasi wisata yang relevan dengan program-program di PHLB ULM, antara lain : Agrowisata Kopi, Desa Penglipuran, Tegalalang Rice Terrace dan Pantai Lovina.

Di lokasi Agrowisata Kopi menjadi inspirasi untuk pengembangan desa atau tempat wisata dari hulu ke hilir menjadi satu di satu tempat. Pengembangan produk kopi  dengan cara masih tradisional justru menjadi andalan disini.  Kopi luwak yang mempunyai keunggulan tersendiri (rendah bahkan tanpa kafein), menjadi produk yang bernilai jual tinggi.  Tujuan atau destinasi wisata Loksado sebenarnya bisa dikembangkan juga seperti ini, apalagi produk-produk turunan dari kulit kayu manis sudah banyak dikembangkan oleh PHLB ULM (seperti teh kayu manis, kopi kayu manis, instan kayu manis dan sirup kayu manis)

Di Desa Penglipuran menjadi inspirasi bagaimana sebuah desa dengan kedisplinannya dalam menjaga kebersihan dan keindahannya mampu menjadi daya pikat para turis. Di desa ini, semua tertata rapi, bersih dan indah. Masyarakat bahkan sudah dengan kesadaran sendiri mengelola sampah dengan sangat apik.  Bagaimana pembuangan air juga dilaksanakan dengan sangat baik, sehingga disini meskipun hampir setiap rumah penduduk ditanami aneka bunga-bungaan, namun hampir tidak ditemukan adanya nyamuk bahkan pada saat senja sekalipun (tonton videonya).

Di lokasi Tegalalang Rice Terrace kita dapat melihat bagaimana kearifan budaya lokal masyarakat Bali dalam melaksanakan konservasi tanah dan air, sekaligus dalam melaksanakan budidaya padi.

Sementara itu kearifan budaya lokal dan adat istiadat masyarakat Bali dalam menjaga biodiversity kekayaan flora dan fauna laut dapat terlihat jelas di Laut Lovina Bali Utara.  Disini kita dapat melihat bahwa pendapatan masyarakat dapat diperoleh tanpa sedikitupun merusak alam dan keanekaragaman hayati.  Para wisatawan dapat melihat dengan jelas atraksi lumba-lumba serta terumbu karang yang masih sangat utuh (belum terjamah), karena adat melarang pengambilan ikan apalagi pengrusakan terumbu karang.  Masyarakat dilarang keras memancing ikan dengan alasan apapun. Semua kekayaan laut disini tidak boleh diganggu gugat. (tonton videonya disini).

Sumber: pubdok-phlb-ulm (PHLB-ULM/UM-WEB/A3.4/ 08-2019)

Kategori: Berita